Follow Untuk Isu-isu Viral Kemaskini Terkini

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, sempat bingung mengapa skuat Garuda berada di Pot 3 saat undian fase grup Piala AFF 2022. Namun, setelah dijelaskan, dirinya baru paham.

Timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong berhasil lolos ke final Piala AFF 2020. Di partai puncak, skuat Merah-Putih kalah dari Thailand dengan skor agregat 6-2.

Dengan pencapaian tersebut, Shin Tae-yong mengira setidaknya Indonesia bisa berada di Pot 2. Akan tetapi, saat undian pada Selasa (30/8/2022), ternyata Indonesia ada di Pot 3 bersama Singapura.

Tentu ini membuat pelatih asal Korea Selatan itu bertanya-tanya. Shin Tae-yong baru paham setelah dijelaskan bahwa penentuan pot Piala AFF 2022 adalah berdasarkan dua event terakhir.

Di Piala AFF 2020, Timnas Indonesia memang berhasil lolos ke final. Hanya saja di edisi 2018, skuat Garuda tak mampu lolos ke fase grup.

“Awalnya saya bingung kenapa Indonesia berada di POT ketiga pada drawing ini, namun setelah dijelaskan bahwa penilaiannya dari dua event AFF sebelumnya jadi baru paham,” kata Shin Tae-yong di laman resmi PSSI.

Lebih lanjut, pelatih Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu bertekad mempersiapkan tim sebaik mungkin. Ia bertekad mempersembahkan gelar juara Piala AFF 2022.

“Saya akan mempersiapkan Timnas Indonesia dengan baik serta maksimal agar meraih juara Piala AFF 2022,” tuturnya menambahkan.

Di Piala AFF 2022, Timnas Indonesia berpeluang tiga pemain keturunan, yakni Jordi Amat, Sandy Walsh, dan Shayne Pattynama. Namun, kendalanya nanti ada di klub karena event ini tak masuk dalam kalender FIFA.

Berikut hasil undian fase grup Piala AFF 2022: