Follow Untuk Isu-isu Viral Kemaskini Terkini

Direktur Utama Pusat Pengelolaan Komplek Gelora Bung Karno (PPKGBK), Rakhmadi Afif Kusumo, memastikan bahwa Timnas Indonesia bisa menggunakan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) sebagai kandang di Piala AFF 2022.

Rakhmadi Afif Kusumo bahkan mengaku sudah menjalin komunikasi dengan PSSI. Ia berharap PSSI dan Federasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF) datang untuk meninjau langsung kelayakan SUGBK.

“Insyallah (bisa digunakan untuk AFF). Kami sudah berkontak dengan PSSI,” kata Rakhmadi, dilansir dari Antara.

“AFF harus melihat langsung karena mereka memiliki standar untuk stadion yang mirip dengan FIFA. Kalau lolos (verifikasi), SUGBK bisa menjadi kandang Indonesia di Piala AFF 2022,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Rakhmadi membenarkan apa yang dikatakan Menpora Zainudin Amali bahwa stadion-stadion yang akan dipakai untuk Piala Dunia U-20 2023 membutuhkan waktu enam bulan untuk renovasi.

Namun, dikarenakan SUGBK kurangnya hanya sedikit sekali, seperti pagar pembatas dan kecepatan sambungan internet media, sehingga pengelola berani meempersilakan Timnas Indonesia menggunakannya.

“Kami sudah curi start. Piala Dunia U-20 ini, kan, tadinya digelar tahun 2021. Jadi kami sudah merapikan dan meningkatkan kualitas rumput serta memperbaiki saluran air sejak jauh-jauh hari,” tutur Rakhmadi.

Piala AFF 2022 akan berlangsung pada 20 Desember 2022 hingga 16 Januari 2023. Timnas Indonesia tergabung di Grup A bersama Thailand, Filipina, Kamboja, dan Brunei Darussalam.