Konfederasi Sepak bola Asia (AFC) memutuskan untuk menunda dua pertandingan Timnas Indonesia dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022, dari Maret menjadi Juni 2021.

Timnas Indonesia seharusnya melakoni dua pertandingan pada Maret 2021, yakni melawan Thailand pada 25 Maret dan Uni Emirat Arab (UEA) pada lima hari kemudian.

Namun, AFC mengubah jadwal tersebut. Duel melawan Thailand akan digelar pada 3 Juni 2021, sementara pertandingan kotra UEA dihelat pada 11 Juni mendatang.

Sementara duel antara Vietnam akan digelar sesuai jadwal yang telah ditetapkan sebelumnya, yaitu pada 7 Juni 2021.

Adapun pertandingan sisa Kualifikasi Piala Dunia 2022 akan digelar secara terpusat di satu negara. AFC baru akan melakukan biding tuan rumah pada 19 Februari 2021.

“Keputusan ini setelah PSSI dan negara-negara lain berdiskusi dan mendengarkan argumentasi dari AFC melalui virtual meeting,” kata Plt Sekjen PSSI, Yunus Nusi, di laman resmi federasi.

“Ini tentu semua terkait dengan pandemi Covid-19 yang belum mereda dan beberapa negara tentu akan kesulitan masuk ke negara lain terkait protokol kesehatan setiap negara,” imbuhnya.

Timnas Indonesia sudah dipastikan tidak bisa lolos ke fase berikutnya karena menelan lima kekalahan dan menghuni posisi juru kunci.

Meski begitu, PSSI tetap meminta Timnas Indonesia tampil maksimal di Kualifikasi Piala Dunia 2022. Sebab, setiap kemenangan akan berdampak besar terhadap perolehan poin di FIFA Ranking.

Anda Mungkin Suka

© 2021 The Vocket Sdn Bhd (1305683-A), a part of Media Prima Group