Follow Untuk Isu-isu Viral Kemaskini Terkini

Ada aturan khusus yang dibuat oleh PT Liga Indonesia Baru (LIB) ketika drawing turnamen pramusim 2022, yakni mengatur supaya Persija Jakarta dan Persebaya Surabaya tidak satu grup.

Itu tertulis dalam limitasi yang dipaparkan saat hendak melakukan drawing. Aturan itu tertulis dalam poin ketiga, sementara cara membuat agar tidak sat grup ada di poin keempat.

Direktur Operasional PT LIB, Sudjarno, menjelaskan bahwa pemisahan tersebut dibuat setelah berkomunikasi dengan semua stake holder sepak bola.

Langkah ini dilakukan demi kelancaran turnamen pramusim 2022 karena nantinya suporter diizinkan datang ke stadion secara langsung untuk mendukung.

“Berdasarkan pertimbangan dan masukan dari stake holder, komunikasi kami dengan semua stake holder, ada dua tim yang perlu kami limitasi juga, Persija dan Persebaya,” kata Sudjarno.

“Bapak dan ibu sekalian, kami limitasi ini bukan lebih hebat, atau lebih siap, tapi dengan pertimbangan-pertimbangan khusus yang sudah kami komunikasikan,” imbuhnya.

“Ini sebagai upaya kelancaran turnamen kita nanti,” ujar Sudjarno lagi.

“Kita tahu, turnamen pramusim ini akan menjadi contoh sepak bola kita dengan adaya penonton. Karena ini dilakukan dengan kehadiran penonton sesuai PPKM wilayah setempat,” tuturnya menambahkan.

Persija berada di Grup B turnamen pramusim 2022 bersama tuan rumah Borneo FC, Barito Putera, Rans Cilegon FC, dan Madura United. Sementara Persebaya ada di Grup C dengan Persib Bandung, Bhayangkara FC, dan Bali United.